Rabu, 08 Agustus 2012

Kondisi Bahan Pokok bulan Agustus

Jakarta - Perum Bulog masih menunggu penunjukan pemerintah terkait kewenangan Bulog mengelola bahan pangan selain beras. Ini bagian dari revatilisasi Perum Bulog, rencananya 30 Agustus 2012 keputusan tersebut sudah diketok.

"Kita masih tunggu keputusan pemerintah pada 30 Agustus ini, terkait revatilisasi Bulog, dimana sudah terbentuk tim untuk membahas masalah tersebut," kata Direktur Pelayanan Publik Bulog, Agusdin Faried, ditemui usai Rapat Kabinet di Kantor Kementerian Pertanian, Senin (6/8/2012).

Dikatakan Agusdin, dalam tim yang dibentuk Menteri Koordinator tersebut akan memutuskan skema penunjukan Bulog untuk menjaga stabilisasi harga komoditas diantaranya 4 pangan pokok yaitu Beras, Jagung, Kedelai dan Gula.

"Ada 4 komoditas dalam SK Tim tersebut, tetapi belakangan ada usulan Bulog juga jaga harga daging sapi, kita siap tapi kita tunggu penunjukan pemerintah dulu," ujarnya.

Termasuk kata Agusdin, persiapan gudang-gudang Bulog diseluruh Indonesia jika Bulog harus menjaga stabilisasi harga 4 komoditas tersebut.

"Kapasitas gudang-gudang Bulog seluruh Indonesia masimal 4 juta ton. Dari jumlah tersebut 2,3 juta ton diisi Beras. Artinya masih ada sisa sekitar 1 juta ton untuk bisa diisi 3 komoditas lainnya, itu yang saat ini juga kita persiapkan," ungkap Agusdin.

Namun, walaupun kebutuhannya tinggi, tidak semua 3 komoditas (Jagung, Kedelai, dan Gula) disimpan seluruhnya di Gudang Bulog. "Seperti pengalaman kita dulu, seperti Gula, stok disimpan di gudang-gudang milik pabrik gula," tandasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar